Cuaca Panas, Cobalah Lima Minuman Segar ini

Tanti Yulianingsih

 Liputan6.com, New Delhi: Di Indonesia khususnya, kini sebagian wilayah sudah mengalami cuaca panas yang luar biasa. Ada beberapa jenis minuman sehat yang bisa dinikmati, selain berkhasiat membuat tubuh menjadi segar juga memberikan efek detoksifikasi bagi raga. Ada lima jenis minuman sehat menurut versi Times of India, Senin (25/6), yang tentunya bisa juga Anda konsumsi. 

1. Air mineral
Menurut dokter Poonam Rathod, air mineral berguna untuk membersihkan sistem pencernaan dengan menghilangkan racun dan sisa-sisa makanan yang menempel di usus. Dengan demikian, Anda dapat menghilangkan kotoran pada usus dan perut akan terasa lebih bersih akibat detoksifikasi air.

2. Air kelapa segar
Air kelapa juga memiliki fungsi alami untuk mendetoksifikasi tubuh dengan membersihkan saluran pencernaan Anda. “Kandungan di dalamnya mampu melawan virus, kuman, dan bakteri. Meminum air kelapa akan meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus menghilangkan dehidrasi,” ujar Dr Rathod.

3. Sebotol jus labu
Sebotol jus labu manis merupakan obat alami yang sangat baik bagi mereka yang menderita masalah pada pencernaan atau asam lambung. Kandungan dari buah tersebut memiliki sifat basa alami. Bahkan kandungan seratnya juga dipercaya dapat menyembuhkan masalah pencernaan. Serat memang dikenal mampu melancarkan kotoran dalam tubuh agar mudah melalui usus.

4. Teh hijau
Minuman dari teh hijau merupakan antioksidan alami. Kandungan polifenol dalam teh hijau berfungsi untuk membantu mengatur glukosa dalam darah. Polifenol bekerja dengan menghambat pergerakan glukosa ke dalam sel-sel lemak, sehingga mencegah mereka dari memasuki aliran darah.

5. Jus jeruk 
Jus jeruk memang terkenal kaya akan sumber vitamin C yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu jeruk juga kaya flavonoids, yakni antioksidan penting yang melindungi sistem kekebalan tubuh manusia dengan melawan kuman dan bakteri pemicu timbulnya penyakit. 

Agar hasilnya maksimal, silakan mengkonsumsi minuman-minuman tersebut sebelum sarapan, tapi jika Anda mengalami dahaga tak ada salahnya juga meminum minuman segar tersebut. (Vin)

Sumber : http://kesehatan.liputan6.com/read/415751/cuaca-panas-cobalah-lima-minuman-segar-ini, 25/06/2012