Terobosan Baru, Baterai dengan Tenaga Kocok

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO–Perusahaan elektronik Jepang menciptakan generator bersumber getaran yang bisa menggantikan peran baterai standar. Brother Industries, yang lebih dikenal dengan produk mesin ketiknya, mengklaim, alat ini sanggup menggantikan peran baterai AA atau AAA untuk sejumlah penggunaan.

Pada sebuah acara di Tokyo, Brothers menunjukkan alat ini menghidupkan sebuah kendali jarak jauh (remote control), sebuah tombol untuk menyalakan lampu dan sbeuah senter LED.

Ide di balik teknologi ini adalah adanya kebutuhan untuk menggantikan penggunaan baterai yang mengandung racun yang membahayakan lingkungan.

Mekanismenya bekerja mirip dengan dinamo sepeda, hanya bedanya dengan dikocok beberapa kali daya listrik langsung dihasilkan.

"Baterai Vibration Energy Cells kami menciptakan daya listrik dengan pengantar sebuah per, magnet, dan kondenser yang menghasilkan listrik. Semua ini ada dalam in baterai," ujar seorang juru bicara Brother, Kamis (22/7).

Namun, lantaran daya yang dihasilkan hanya sedikit, maka alat ini didesain untuk dipakai pada perangkat seperti remote TV dan alat LED, yang hanya membutuhkan daya rendah dan tidak makan daya listrik terus-menerus
Red: Endro Yuwanto
Sumber: ap/bbc

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/trendtek/sains/10/07/22/126176-terobosan-baru-baterai-dengan-tenaga-kocok – Kamis, 22 Juli 2010