Inovasi Bisnis Coklat Aneka Rasa

Bisa dikatakan coklat merupakan salah satu makanan ringan yang digemari hampir semua kalangan masyarakat. Rasanya yang unik dan teksturnya yang lembut serta lumer di mulut, menjadikan coklat sebagai salah satu varian makanan yang tak hanya lezat untuk dinikmati namun juga menjadi salah satu alternatif tepat untuk dijadikan sebagai bingkisan unik bagi orang-orang yang terkasih. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa coklat merupakan salah satu ikon bisnis kuliner unik. Peluang bisnis inilah yang kemudian mulai dilirik oleh Devi Meisita (28) sekaligus melakukan inovasi bisnis membuat produk coklat aneka rasa.

Memulai usahanya pada bulan Oktober 2010 silam, awalnya Devi bersama rekan-rekannya iseng mencoba membuat coklat isi aneka rasa di bulan puasa. “Saya coba membuat coklat isi kurma dan kacang mete, ternyata responnya cukup bagus dan kenapa tidak saya mencoba memproduksiya sebagai ladang usaha rumahan,” ungkap wanita yang belum lama lulus dari salah satu universitas swasta di Surabaya ini kepada tim bisnisUKM (9/2) yang lalu.

Di temui di rumah produksinya yang terletak di seputaran Kota Surabaya, Devi memaparkan bagaimana ide bisnis ini tercipta. Ia mengaku bahwa nama Suoklat itu sendiri didapat dari brainstorming atau konsultasi antara Devi dan rekan-rekannya. Diambil dari logat penduduk Surabaya yang biasanya menambahkan huruf “u” untuk mengekspresikan sesuatu yang dirasa luar biasa, Devi berharap agar produknya bisa diterima dengan baik di pasaran serta mengartikan merek Suoklat ini sebagai singkatan “Suroboyo Coklat”. Pilihan tersebut menjadi brand produk bisnis rumahan ini yang sangat menarik dan cukup mudah dipahami para konsumen.