Kebiasaan Makan Ibu Mempengaruhi Anak

Desika PemitaIn

 Liputan6.com, Washington DC: Kegemaran seorang ibu terhadap suatu makanan ternyata bisa menular kepada anaknya. Berdasarkan penelitian Universitas Michigan, Amerika Serikat, kebiasaan makan ibu akan mempengaruhi pola makan anak di masa depan. 

Para ilmuwan mempelajari kebiasaan makan dari keluarga berpenghasilan rendah. Mereka menemukan bahwa ibu yang ingin anak-anak mereka makan dengan baik harus mengadopsi kebiasaan makan yang sehat itu sendiri. Bahkan, dalam penelitian juga ditemukan jika sang ibu juga mendorong anak-anak mereka untuk makan makanan yang layak.

Para peneliti juga menemukan, saat ini, kekerasan dan hukuman terhadap anak untuk memakan sayuran atau makanan sehat sudah tidak berpengaruh lagi. Pasalnya, anak-anak biasanya melihat dan mencontoh pola makan keluarga mereka, khususnya ibu.

Ahli gizi ternama AS, Sharon Hoerr, mengatakan, orang tua harus berhenti memaksa anak-anak untuk memakan makanan sehat. Mereka seharusnya menyediakan lingkungan makanan sehat, mengadopsi kebiasaan makan yang seimbang di dalam rumah. bahkan, makanan tidak sehat, seperti junk food, tidak perlu dibawa ke dalam rumah. (zeenews/ARI)

Sumber : http://kesehatan.liputan6.com/read/407680/kebiasaan-makan-ibu-mempengaruhi-anak, 02/06/2012