Tahun Pertama Bisnis Anda

Bukan masalah anda menuju ke Kantor Dinas Perdagangan, namun pada saat anda keluar dan memegang dokumen pendaftaran di tangan yang mengatakan ‘Saya memiliki sebuah bisnis’ dimana anda mulai merasakan sensasi keingin tahuan yang besar. Sebagai seorang entrepreneur saya akui bahwa hanya sedikit yang dapat anda siapkan di tahun pertama anda sebagai pengusaha. Ini adalah jalan yang komplek menuju keputusan penting dan tekanan yang tidak diharapkan, namun juga merupakan peluang untuk membentuk ide, visi kedalam sebuah seni bekerja, selama anda bersedia meyakini penilaian baik anda.

Saat anda pada akhirnya melangkah menjadi pengusaha, ada sedikit jeda, momen, sebelum anda merasakan tekanan yang besar. Namun, sekarang anda telah memiliki usaha yang segera diharapkan dapat berjalan, berhasil, dan menghasilkan uang, bukankah demikian?. Akan menjadi hal yang lucu, karena meskipun anda telah mengetahui ini sebelumnya, namun tidak cukup mengena, sampai anda memiliki catatan resmi di tangan anda. Dan peluang-peluang, begitu banyak energi mental yang diperlukan pada titik ini untuk menyiapkan start bisnis anda, dimana anda tidak memiliki kesempatan untuk menyiapkan langkah berikutnya secara penuh. Jadi, inilah saatnya menahan nafas anda, karena ketika anda menjadi seorang pengusaha, akan seperti menaiki roller coaster, berhadapan dengan momen-momen kemenangan dan semangat ketika banyak yang anda pelajari, mencapai sasaran dan menetapkan sasaran baru untuk pertumbuhan mendatang.

Tahun pertama dalam menjalankan bisnis adalah hal yang sangat penting. Yaitu ketika anda meletakkan pondasi dan belajar melihat hal-hal dengan cara yang berbeda. Anda melihat potensi yang tidak anda perhatikan sebelumnya. Anda dewasa secara lahiriah, dan pada saat yang bersamaan, bisnis anda mulai terbentuk, sekalipun itu masih ada didalam pemikiran anda. Terkadang apa yang anda mulai bukanlah hasil akhirnya, karena keputusan yang anda andan membentuk dan menentukan arah bisnis anda.

Saya yakin, salah satu moment terpenting dalam karir pengusaha adalah ketika mereka menentukan tingkat resiko yang dapat mereka hadapi untuk dapat tumbuh. Ini adalah langkah yang benar, menentukan akan menjadi seperti apa bisnis ini di masa datang. Benar adanya jika keputusan penting harus dibuat disemua sektor bisnis, namun faktor resiko bisa jadi hal yang terpenting. Apakah saya membeli properti ini, apakah saya invest di produk yang kreatif, apakah saya harus menandatangani kontrak yang mungkin memberikan atau tidak memberikan kenyamanan bagi saya di masa depan?

Banyak orang yang mengatakan pada anda bahwa tidak perlu memikirkan keputusan-keputusan tersebut, mereka berjalan tanpa arah menuju resiko; Saya bukan orang semacam itu. Menurut saya, jika anda memiliki usaha yang memang pantas berkembang, maka layak pula untuk kontemplasi. Dengan membuat keputusan-keputusan ini, dengan menghadapinya, anda menentukan batasan-batasan anda dan memperkuat pondasi yang telah susah-payah anda buat.

Bagian tersulit memiliki usaha adalah mengandalkan penilaian baik anda. Penasehat dapat berjam-jam berbicara mengenai resiko, kemungkin hasil yang didapat, hukum dan potensi bahaya, namun yang terpenting adalah anda yang harus membuat keputusan, dan anda pula yang harus menjalankannya. Mungkin hasil dari tidak tidur selama beberapa malam, hari-hari yang berat, dan tekanan yang tidak tertahankan, tapi inilah jalan yang tepat untuk ditempuh, dan peluang anda untuk berhasil.

Oleh: Jennifer Prince
Published: 3/22/2007

Sumber : www.pengusahamuslim.com/baca/artikel/202/kewirausahaan–tahun-pertama-bisnis-anda.html, 24 Desember 2008