Kunci untuk Memulai Bisnis Broker Properti

Jakarta – Istri saya berencana akan membuka usaha agen properti di Tangerang dengan 4 orang Teman-temannya. Sementara saya masih tetap bekerja dengan penghasilan Rp -+ 8 juta/ bulan.

Yang ingin saya tanyakan apakah ada tips-tips dalam menjalankan bisnis agen properi ini sehingga mendapat imbal hasil yang menguntungkan? mengingat di Tangerang sendiri sudah banyak agent-agen properti yang sudah berdiri.

Terima Kasih

Ricky Pachunie
ricks_pag@yahoo.com

Jawab:

Pelajarilah bisnis agen properti yang sudah berjalan, khususnya calon kompetitor di sekeliling wilayah anda akan beroperasi yang sudah mempunyai brand. Buatlah studi kelayakan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) untuk mengukur kekuatan, kekurangan dan peluang serta kendala jika anda membuka bisnis baru tersebut.

Buatlah sistem yang menarik dan berbeda dari bisnis sejenis yang sudah ada. Misalnya: sistem rumenarasi para agen-agen properti yang akan bekerja dengan anda. Komisi dan bonus yang menarik akan membuat mereka bersemangat bekerja untuk anda.

Berikan pelatihan yang berkesinambungan terhadap para agen, mulai dari pelatihan penampilan, komunikasi, cara penjualan, pelatihan untuk mendapatkan lisensi penjual properti dan pelatihan-pelatihan lainnya. Buat juga seminar agen properti untuk merekrut para agen baru.

Kantor usaha bisnis agen properti anda pun harus representative dengan baik dan nyaman. Pengunjung akan lebih yakin jika kantor anda terlihat rapi dan informatif serta pelayanan yang baik. Begitu juga dengan para agen dan karyawan, mereka akan lebih nyaman bekerja. Siapkan juga fasilitas telpon, komputer dan internet agar para agen dengan mudah berkomunikasi dengan calon pembeli dan pemilik properti. Juga siapkan fasilitas transportasi untuk kegiatan kunjungan ke pemilik properti dan calon pembeli.

Sebagai penjual properti, anda dan tim penjualan harus dapat mempunyai kemampuan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pemilik properti dan calon pembeli. Jadilah mitra dan sahabat mereka, berikan solusi kepada mereka. Mereka bukanlah objek untuk mendapatkan pendapatan anda. Emotional benefit lebih dibutuhkan mitra anda tersebut.

Misalnya kepada pemilik properti, berikan solusi agar bagaimana menyiapkan propertinya agar layak dijual dan mempunyai nilai yang tinggi. Kepada calon pembeli, berikanlah solusi rumah dan properti yang tepat dan harga yang layak sesuai kebutuhan mereka, sehingga tidak asal memberikan properti yang sebenarnya tidak sesuai kebutuhannya. Siapkan waktu 24 jam untuk mereka.

Bisnis agen properti juga tidak sekedar menjual rumah atau properti. Anda pun harus dapat memberikan nilai tambah dengan memberikan pelayanan yang dibutuhkan pelanggan dan mitra, misalnya: pelayanan pengurusan notaris, sertifikat, perpajakan jual beli, konsultasi renovasi properti dan taman, akses perbankan dan pengurusan pemasangan PLN, PAM, telepon hingga internet.

Siapkan media informasi yang lengkap baik bagi pemilik properti, calon pembeli maupun para agen properti. Medianya bisa melalui brosur, booklet, papan informasi, spanduk hingga website.

Anda harus mempunyai listing properti yang dijual, daftar listing dapat diperoleh dari berbagai sumber: koran, internet, rumah-rumah yang tertulis dijual, informasi rumah dijual dari para kerabat dan lainnya.

Media promosi juga harus dianggarkan budgetnya, misalnya: pasang iklan di media surat kabar, iklan online, spanduk, penyebaran brosur, majalah kawasan dan lainnya.

(hen/hen)

Sumber : http://finance.detik.com/read/2012/10/15/114447/2062630/1340/kunci-untuk-memulai-bisnis-broker-properti