Makanan Alami Penekan Nafsu Makan

Tanti Yulianingsih

 Liputan6.com, London: Sudah tahu jenis makanan yang dapat menekan napsu makan secara alami? Jenis makanan tersebut layak Anda coba, karena makanan tersebut dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi jenis makanan ini, pastinya rasa lapar Anda akan berkurang, namun Anda tetap mendapat asupan kalori dalam jumlah sedikit. 

Berikut ini uraian lima jenis makanan penekan nafsu makan versi laman Ourvanity belum lama ini:

1. Alpukat
Buah yang satu ini memiliki kandungan serat dan lemak alami, yang juga dinobatkan sebagai buah alami terbaik penekan nafsu makan. Jika dimakan dalam jumlah banyak, buah alpukat akan mengirim sinyal ke otak dan memberitahu bahwa perut sudah penuh.

2. Apel
Mengonsumsi apel juga merupakan cara yang bagus untuk menekan nafsu makan. Apel merupakan buah yang kaya akan serat dan rendah karbohidrat, yang diyakini mampu menjadi penekan nafsu makan alami. Bahkan ahli gizi juga merekomendasikan untuk memakan sebuah apel setiap hari, namun dalam bentuk utuh yang belum dipotong. 

Proses menggigit yang langsung dari buahnya akan memakan banyak waktu untuk mengunyah. Oleh sebab itu, otak akan menerima sinyal yang menimbulkan sensasi penuh pada perut. Manfaat lain pada apel yakni dapat mengatur glukosa dan meningkatkan tingkat energi Anda. 

Jika mengonsumsinya sebelum sahur, apel merupakan pilihan tepat agar Anda tak cepat merasa lapar. 

3. Tahu
Tahu merupakan sumber protein dan isoflavon yang disebut genistein. Kandungan yang berasal dari kedelai ini memang telah dikenal mampu menekan nafsu makan.

4. Teh Hijau
Kedengarannya luar biasa, tapi secangkir teh hijau benar-benar merupakan cara alami dan sehat untuk menekan nafsu makan Anda. Kandungan catechin pada teh hijau dapat memperlambat proses transformasi glukosa ke dalam sel-sel lemak, yang mampu menurunkan tingkat gula darah. Ketika gula darah stabil, maka Anda tak mudah merasa lapar.

5. Cokelat Murni
Konsumsi hanya cokelat hitam berkualitas tinggi untuk menekan nafsu makan Anda secara alami. Rasa pahitnya akan memberikan sinyal pada tubuh, agar Anda tak makan atau tak mudah merasa lapar. Cokelat jenis ini juga baik bagi kesehatan, seperti mampu menurunkan berat badan, meningkatkan libido, bahkan memperlambat proses penuaan.(SHA)

Sumber : http://kesehatan.liputan6.com/read/423397/makanan-alami-penekan-nafsu-makan, 22/07/2012