Manfaat Berpuasa bagi Kesehatan Tubuh

Berpuasa di bulan Ramadhan selama satu bulan penuh terbilang ibadah nan luar biasa lagi istimewa. Bagi yang menjalankannya, Anda patut bersyukur serta berbahagia sebab tak sedikit manfaat yang ditawarkan. Katakanlah, bulan suci ini adalah lumbung manfaat. Di samping menyajikan kesehatan batiniah, berpuasa di bulan Ramadhan menawarkan pula kesehatan tubuh.
Sudah pada galibnya bahwa makanan itu merupakan bahan bakar bagi tubuh manusia untuk beraktivitas. Tanpa makanan, manusia akan terkulai lemas tak berdaya. Berpuasa di bulan Ramadhan mengharuskan manusia untuk menahan lapar dan haus dahaga, mulai saat berkumandangnya azan subuh dan berakhir ketika azan maghrib terdengar. Lantaran demikian, diwajibkanlah bersantap sahur sebelum menjalankan ibadah puasa.

Lantas, apa jadinya bilamana tubuh manusia tak mendapat pasokan makanan selama berpuasa? Apa yang sesungguhnya terjadi dalam tubuh manusia?

Seorang dokter dari Inggris, Noreen A Kassem, telah melakukan penelitian terhadap perihal tersebut. Menurut dia, selama berpuasa, hati, yang berperan penting dalam pembentukan energi, akan mengubah lemak menjadi zat kimia bernama keton tubuh, yakni tiga senyawa yang mudah larut dalam air. Nantinya, zat tersebut diserap tubuh sebagai sumber energi. Jadi, lemas bukanlah hal yang perlu ditakuti ketika berpuasa.

Kecuali itu, tubuh pun akan melakukan detoksifikasi, yakni proses metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh manusia. Detoksifikasi ini adalah manfaat penting dari berpuasa di bulan Ramadhan.

Tak hanya demikian hasil dari penelitian dr Noreen A Kassem, masih ada lagi yang belum terungkap. Maka dari itu, simaklah video dari timVideo Kompas.com di sini.

Sumber : http://health.kompas.com/read/2015/07/13/100000623/Infografis.Manfaat.Berpuasa.bagi.Kesehatan.Tubuh