Memilih Profesi Paling Pas

Ini Langkah Memilih Profesi Paling Pas Sesuai “Passion” Anda

Oleh Dedy Dahlan
@dedydahlan

KOMPAS.com –
Suka kuliner tidak berarti harus jadi chef.
Suka lukisan tidak berarti harus jadi pelukis.
Suka sepak bola tidak berarti harus jadi pemain sepak bola.

Jadi ketika saya bilang pada Anda, bahwa sebagai Passionpreneur,Anda harus hidup dalam profesi yang sesuai dengan passion dan memberi makna dalam hidup Anda, itu tidak berarti Anda harus jadi apapun profesi ‘dasar’ di bidang itu yang pertama terlintas di kepala Anda!

Dalam Passionpreneurship, kemungkinan dan pilihan profesi yang ada sangat banyak dan sangat luas! Bahkan, pilihan profesi dari satu bidang minat saja bisa tidak terbatas! Misalnya, dari minat kuliner saja, Anda bisa jadi chef, pengusaha kuliner, food blogger,penulis buku resep, celebrity chef, konsultan makanan, konsultan restoran, konsultan makanan sehat, food fotographer, food designer, franchisee fast food, importir bahan baku masakan, pemilik toko alat masak, sekolah kuliner dan restoran, daaaaan masih banyak lagi.

Pilihan- pilihan yang ada dalam setiap profesi hanya dibatasi oleh kreatifitas dan imajinasi Anda!

Industri di bidang passion Anda itu ibarat sungai, dan pilihan profesi setiap bidang minat ini mengalir dari hulu ke hilir, dari semakin dekat dengan produsen dan sumber bahan bakunya, menuju ke arah konsumen. Dan seperti sungai juga, dia bercabang ke mana-mana. Setiap tahap dari hulu ke hilirnya, dan pada setiap cabangnya, dia mendekati jenis konsumen dan pemakai yang berbeda, dalam bentuk output yang berbeda, dan dengan tujuan yang berbeda pula. Artinya? Setiap cabang membawa varian profesi yang berbeda.

Bila Anda ingin membangun profesi sesuai minat dan passionAnda, di sinilah Anda punya PR (pekerjaan rumah) besar, untuk menemukan dan memilih posisi dan profesi paling pas untuk Anda di antara luasnya pilihan ini!

Untuk itu, berikut beberapa langkah untuk membantu Anda menggali sebanyak- banyaknya kemungkinan pilihan profesi dalam bidang yang Anda minati, sekaligus memilih profesi dan bisnis yang paling pas dengan Anda!

Untuk aktifitas ini, silahkan ambil kertas, dan tuliskan semua pilihan profesi dan bisnis yang Anda temukan dalam prosesnya.

Pertama, mulailah dari hulu. Bayangkan sekali lagi bahwa industri minat dan bidang passion Anda adalah sungai. Mulailah dari hulu, artinya temukan titik profesi atau bisnis paling ujung dari bidang minat Anda. Profesi dan bisnis apa saja yang mengawali dan menyuplai industri di bidang passion Anda itu? Tuliskan semuanya. Contoh, bila passion Anda adalah film, maka di hulu industri ini ada pilihan profesi seperti pabrik kamera, pabrik peralatan film, studio film, dan lain- lain.

Lalu alirkan ke tahap berikutnya dengan bertanya, siapa yang berhubungan dengan mereka ini? Dan Anda akan menemukan jajaran profesi dan bisnis lainnya yang bisa Anda pilih, seperticameramen, photographer, videographer, designer, producer,sutradara, costume designer, investor film, dan masih banyak lagi.

Lalu teruskan alirkan dan temukan aliran pilihan lainnya, dan Anda akan menemukan pilihan profesi dan bisnis lain lagi, yang menyediakan jasa dan produk mereka untuk pelaku industri dan profesi- profesi sebelumnya, seperti perusahaan distributor film,talent scout, agent, aktor, studio special effect, stunt man house,choreographer, scriptwriter, dan lain- lain.

Semakin dekat ke konsumen, Anda masih akan menemukan bahkan lebih banyak lagi pilihan profesi, seperti kritikus film, pengusaha bioskop dan teater film, film blogger, pemilik majalah tentang film, reviewer film di majalah, Blue Ray distributor, pembuat video pendek indie, dan seterusnya.

Sekali lagi, batasannya adalah imajinasi Anda! Dan kerennya, semua profesi itu termasuk dalam cakupan passion dan minat Anda! (Dalam contoh ini, semua pilihan profesi di atas berhubungan dengan industri film sebagai contoh passion).

Teruskan proses diatas, sampai ujung sungai, alias sampai Anda kering ide!

Nah lalu dari pilihan sebanyak ini, bagaimana memilih yang paling pas untuk Anda?

  1. Pilih yang modal mulainya cocok dengan kapasitas Anda saat ini (atau bisa diusahakan).
  2. Pilih yang aktivitasnya paling cocok dengan skill set dan kemampuan Anda.
  3. Pilih yang konsumen yang dilayaninya sesuai dengan minat target pasar Anda.
  4. Pilih yang rutinitasnya memberi Anda makna dan kepuasan.
  5. Pilih yang produk dan jasanya dapat Anda sediakan (atau bisa diusahakan).
  6. Pilih yang jalan kayanya cocok dengan identitas Anda. (Akademis, Profesional, atau Bisinis?)
  7. Pilih yang bisa Anda laksanakan segera tanpa banyak penundaan.
  8. Pilih yang bikin Anda nyengir lebar selebar- lebarnya.

 

Banyak jalan ke Roma, banyak jalan ke Monas, dan banyak jalan untuk hidup dalam passion Anda! Kalau Anda suka sepak bola tapi tidak bisa main bola, jadi komentator saja! Kalau tidak bisa jadi komentator karena pemalu, jadi penulis liputan bola saja! Kalau tidak bisa menulis juga, bikin toko kaos bola saja! Kalau Anda suka dengan anak- anak, bikin klub atau sekolah bola anak- anak saja!

Gali dan jelajahi pilihan profesi yang ada dalam dunia passion Anda, dan mulailah perjalanan Anda dalam passion dari menjalankan salah satu yang pas, dan bisa dilakukan segera!


*Dedy Dahlan adalah seorang passsion coach yang juga penulis best seller dari buku Lakukan Dengan Hati, Ini Cara Gue, dan Passion!–Ubah Hobi Jadi Duit, yang dikenal luas dengan gaya penulisan dan gaya panggungnya yang jenaka, nyeleneh, blakblakan, kreatif, dengan materi praktikal. Biasa dipanggil Coach D, ia adalah anggota dan coach tersertifikasi dari ICF (International Coach Federation), yang memusatkan diri pada pengembangan passion dan profesi.

Memperkenalkan metode PIPO Passion Coaching-nya sebagai pembicara di ICF’s Indonesia Coaching Summit 2013, Coach D adalah inisiator dari konsep “Fun Learning” dan “Passion Based Office”, serta kerap menggunakan skill stand up comedy dalam training dan seminar-seminarnya. FB Page: coachdedydahlan

Sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/08/06/060300926/Ini.Langkah.Memilih.Profesi.Paling.Pas.Sesuai.Passion.Anda