Mobil ATV Karya Siswa SMK MUHAMMADIAH KAJEN KAB. PEKALONGAN

indosiar.com, Pekalongan – (Kamis, 07.06.2012) Siswa SMK di tanah air kembali mempertontonkan kemampuannya di bidang otomotif. Setelah siswa SMK di Solo meluncurkan mobil Esemka, kini giliran siswa SMK Muhammadiyah Kajen Pekalongan menunjukkan kemampuan mereka menciptakan motor jelajah di segala medan atau dikenal dengan All Terrain Vehicle (ATV). Bahkan para siswa ini berani bersaing baik mutu maupun harga dengan ATV buatan pabrik.

Beberapa siswa SMK Muhammadiyah Kajen Pekalongan sedang menyelesaikan pembuatan sebuah mobil ATV. Mobil ini dikerjakan dengan bimbingan para guru. Ide pembuatan mobil ATV SMK ini muncul setelah melihat potensi pariwisata Kabupaten Pekalongan, serta berkembangnya wisata alam yang juga membutuhkan fasilitas pendukung.

Mobil ini disiapkan untuk segala medan, terutama wisata alam. Untuk membuat mobil ini, pihak sekolah menghabiskan dana sekitar 15 juta rupiah. Biayanya cukup murah karena menggunakan komponen yang mudah didapat. Contohnya mesinnya menggunakan mesin sepeda motor.

Pihak sekolah berencana akan menjalin kerjasama dengan pelaku usaha pariwisata untuk pengadaan mobil ATV SMK ini. Prestasi siswa SMK Muhammadiyah Kajen ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah sekolah lain, untuk mengembangkan potensi peserta didik dan mendukung potensi daerah dalam pembangunan melalui produk kreatifnya.