Survival Strategy Di Era Harga Minyak Tinggi…

Oleh : Muhaimin Iqbal

Beberapa hari ini hampir seluruh kota besar Indonesia diramaikan oleh berbagai aksi demonstrasi menentang harga minyak yang konon akan segera naik. Terlepas dari apakah upaya menentang kenaikan tersebut akan membuahkan hasil atau tidak, tetapi yang jelas cepat atau lambat masalah energy ini memang harus bijak disikapi. Ada yang perlu disikapi secara nasional, biarlah ini menjadi urusan para pemimpin dan wakil kita untuk memutuskannya – mudah-mudahan mereka memutuskannya dengan hati. Tetapi ada juga yang keputusannya ada di tangan kita, mengapa tidak kita mulai memikirkannya ?.

Diputuskan kapanpun kenaikan harga BBM ini apakah dalam waktu dekat atau masih bisa ditunda, yang jelas kenaikan harga barang-barang sudah mendahului merangkak naik. Bagi masyarakat yang berpenghasilan tetap, tentu ini menjadi sebuah pukulan yang berantai. Dia bukan hanya akan membayar ongkos transportasinya yang semakin mahal – tetapi juga ongkos untuk membeli kebutuhan sehari-harinya menjadi semakin mahal.

Sementara perusahaan tempat kerja kecil kemungkinannya untuk bisa serta merta menaikkan gaji para pekerjanya, karena mereka sendiri akan juga dipusingkan oleh naiknya ongkos produksi.

Tetapi apakah tidak ada jalan keluar untuk mengatasi masalah ini ?, mestinya selalu ada, bila kita mau bersungguh-sungguh mencari jalannya. Berikut adalah beberapa diantaranya yang bisa Anda coba lakukan untuk bisa survive ketika harga minyak toh akhirnya diputuskan naik.

Prinsip dasar dari solusi ini ada dua yaitu yang pertama menurunkan kebutuhan Anda khususnya pada ongkos transportasi. Yang kedua adalah menaikkan income Anda sehingga mampu mengungguli kenaikan biaya-biaya transportasi dan kebutuhan hidup lainnya. Bisakah ?, InsyaAllah bisa.

Seiring dengan perkembangan teknologi internet berkecepatan lumayan tinggi yang mudah di akses dari manapun tempat tinggal Anda – mestinya sudah sangat banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Sehingga tidak harus terjadi berjuta-juta orang berjejalan ke pusat kota setiap hari hanya untuk melakukan pekerjaan rutin – yang sama baiknya bila dikerjakan di rumah.

Anda bersama perusahaan atau instansi  tempat Anda kerja sudah waktunya memikirkan dan merundingkan hal ini. Banyak yang harus dirubah memang, selain system penilaian kinerja yang harus bisa berjalan efektif – faktor budaya juga harus dipersiapkan. Tetapi inilah cara yang masuk akal untuk menekan biaya transportasi, biaya energy untuk listrik kantor, biaya makan siang di kantor, biaya pakaian dan berbagai biaya lainnya.

Yang kedua bagaimana Anda bisa menaikkan pendapatan secara halal bila Anda seorang pegawai yang waktunya sudah full untuk pekerjaan Anda sekarang ?. Lagi-lagi salah satunya adalah tengoklah teknologi !.

Ada sekitar 50 – 60 juta pengguna internet di Indonesia saat ini, mereka mulai familiar mencari segala sesuatu via internet. Dari mencari mobil, rumah sampai juga kebutuhan sehari-hari bisa dicari disana.

Ketika orang berbelanja lewat internet, mereka tidak mengenal kendala waktu dan ruang – bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Jualan lewat internet juga menjadi cara yang mudah untuk mulai bisa berjualan – bagi orang yang tidak terbiasa berdagang dan menawarkan barang sekalipun.

Teknologi internet kini telah menjadi penggerak ekonomi yang luar biasa,  karena teknologi ini mendorong dan mempercepat perdagangan – maka dampaknya juga tentu mempercepat produksi. Sumber daya yang selama ini idle, tiba –tiba bisa digerakkan menjadi mesin ekonomi yang canggih dengan teknologi yang satu ini.

 

Istri Anda yang selama ini di rumah-pun bisa tiba-tiba menjadi faktor produksi yang luar biasa, sambil menjalankan peran utama mereka mendidik anak dan melayani suami – mereka bisa membantu meningkatkan penghasilan rumah tangga Anda di sela-sela kesibukannya.

Pertanyaan berikutnya adalah lantas bagaimana bila Anda tidak familiar dengan seluk beluk peluang perdagangan di internet atau lebih sering disebut e-commerce ini ?.  Kami di Pesantren Wirausaha Daarul Muttaqiin, bulan depan insyaallah akan membuka banyak peluang untuk Anda yang ingin belajar dan mempraktekkan teknologi e-commerce tersebut. Ada tiga situs e-commerce yang saat ini  sedang kami siapkan secara serius, siapa tahu salah satunya bisa jadi peluang terbaik Anda. Silahkan menghubungi kami di alamat kontak ini bila Anda berminat untuk terlibat dalam project-project e-commerce ini.

Bila kita bisa menekan biaya transportasi, pada saat yang bersamaan bisa menaikkan penghasilan keluarga – insyaallah kita tidak akan mencemaskan apapun yang nantinya diputuskan pemerintah dalam masalah BBM ini. Insyaallah.

Sumber : http://www.geraidinar.com